Friday, September 22, 2017
Breaking News
Home » News » Lamongan Bisa Miliki 2 Wakil Bupati
Lamongan Bisa Miliki 2 Wakil Bupati

Lamongan Bisa Miliki 2 Wakil Bupati

Pada 2015 mendatang, selain Kabupaten Lamongan, masih ada 16 kabupaten lain di Jawa Timur yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah. Di antaranya Ngawi, Kediri, Gresik, dan Kota Surabaya. Dan Lamongan nantinya bisa mempunyai 2 wakil bupati karena jumlah penduduk 250.000 penduduk.

Asisten Tata Praja A. Farikh mengungkapkan  saat membuka Forum Lintas Partai Politik yang bertemakan “Persiapan Pelaksanaan Pemilihan Bupati Lamongan Tahun 2015” di Grand Mahkota Hotel, Kamis (20/11/2014).

Farikh juga menyampaikan beberapa butir krusial dalam Undang-Undang Pemilukada.

“Dalam Undang-Undang Pemilukada terdapat beberapa butir krusial yang sampai saat ini menjadi polemik yakni Pemilukada yang diadakan serentak, Pengisian wakil kepala daerah, politik dinasti, penyelesaian sengketa hasil pemilu, transparansi pembiayaan pemilu serta sanksi money politic”, ungkapnya.

Dalam acara yang digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa Politik (Bakesbangpol) Propinsi Jawa Timur tersebut dihadiri oleh kurang lebih 100 peserta dari fungsionaris partai politik peserta pemilu 2014, ormas, LSM, tokoh agama dan masyarakat. Kegiatan pagi itu juga mendatangkan narasumber dari KPU Lamongan, Panwaslu Lamongan, Polres Lamongan serta kalangan Akademik dari Unisla Lamongan.

Ketua KPU Lamongan Imam Ghozali memaparkan materi terkait pendaftaran calon bupati / calon walikota. Dia mengacu pada Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang RI Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

“Dalam pendaftaran calon bupati / calon walikota dapat diusulkan melalui partai politik atau gabungan partai politik ataupun perseorangan yang memenuhi syarat dukungan dengan beberapa ketentuan sesuai dengan jumlah penduduk di wilayah tersebut, “ ungkapnya.

Parpol atau gabungan parpol dapat mengusulkan calon jika memiliki perolehan paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPRD atau 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah dalam pemilu.

Sementara untuk calon perseorangan, kabupaten/kota dengan jumlah penduduk 500 ribu sampai dengan 1 juta harus didukung paling sedikit 4 persen penduduk. Sedang jika penduduknya lebih dari 1 juta jiwa, harus didukung oleh paling sedikit 3 persen. Jumlah dukungan itu harus tersebar di lebih dari 50 persen jumlah kecamatan.

Sedangkan terkait wakil bupati, dia menyebut Lamogan bisa memiliki dua wakil bupati. “Di wilayah dengan jumlah penduduk lebih dari 250.000 jiwa dapat memiliki dua wakil bupati/wakil walikota,” ungkap Imam Ghozali

 

 

Sumber: Surya

Hanif Manshuri & Satwika Rumeksa