Friday, September 22, 2017
Breaking News
Home » Kesehatan » Ingin Jantung Sehat? Penuhi Kebutuhan Serat
Ingin Jantung Sehat? Penuhi Kebutuhan Serat

Ingin Jantung Sehat? Penuhi Kebutuhan Serat

Anda cinta semangkuk sup hangat penuh sayuran atau sepotong pai apel saat udara sedang dingin? Percaya atau tidak, jantung anda pun mencintainya.

Makanan berserat tinggi, termasuk kacang-kacangan, buah, sayur-mayur dan biji-bijian selama ini terbukti memperbaiki kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah dan mengurangi lemak pertu.

Apabila tubuh kekurangan atau kurang mendapat asupan serat, risiko masalah jantung pun meningkat.

Ilmuwan, seperti dilansir Share Care, meneliti data dari lebih 23.000 orang dewasa di AS dan menemukan tautan kuat antara asupan serat rendah dengan risiko penyakit jantung, seperti obesitas, peradangan dan sindrom metabolisme.

Seberapa banyak serat dianggap cukup?
Institut of Medicine di AS merekomendasikan 38 serat per hari untuk pria berusia 19-50 tahun (30 gram per hari bagi pria di atas 50 tahun) dan 25 gram per hari untuk wanita dalam rentang usia yang sama (21 gram untuk wanita di atas 50 tahun).

Ternyata berdasar studi, rata-rata orang mengasup hanya 16 gram serat per hari. Sangat rendah!

Jadi, cemas bila pasokan serat ke dalam tubuh tak memenuhi standard? Berikut ini ada daftar singkat jenis makanan yang bisa membantu tubuh lebih terisi.

Santaplah bengkoang.
Makanan satu ini tidak hanya bagus untuk ginjal tapi juga sangat kaya serat. Satu buah ukuran sedang langsung bisa memasok 32 gram serat! Bersama sayur dan kacang-kacangan dalam menu, bengkoang cukup untuk kebutuhan harian Anda

Sarapan dengan seral atau oats. Tak melulu harus bubur, memanggang roti gandum utuh atau roti oat untuk makan pagi bisa menjadi sumber serat berhaga. Cari yang mengandung serat minimal 5 gram per takaran saji.

Siapkan almond, kenari, walnut atau pistachio untuk kudapan. Satu ons Almond memiliki sekitar 3,5 gram serat. Memang jangan terlalu sering karena kacang juga mengandung kalori dan lemak tinggi.

Tumis bayam dan sayuran hijau
. Satu cup bayam matang bisa memiliki 5 gram serat, belum lagi zat besi dan klorofil yang bermanfaat bagi tubuh, sangat menyehatkan. Jangan ragu rutin memasukkan bayam dan sayuran hijau minimal untuk menu mingguan.

Ayo evaluasi, sudah cukupkah kebutuhan serat hari ini?

 

 

Sumber: Harian Nasional