Friday, September 22, 2017
Breaking News
Home » SainsTech » Mengapa Ada Hewan dengan Dua Alat Kelamin?
Mengapa Ada Hewan dengan Dua Alat Kelamin?

Mengapa Ada Hewan dengan Dua Alat Kelamin?

Selama ini ilmuwan diselimuti misteri besar, mengapa beberapa hewan seperti ular dan kadal memiliki dua alat kelamin, sementara mamalia dan unggas hanya satu?
Hasil penelitian terbaru dari Departemen Harvard Medical School of Genetics di AS mengungkap jawabannya.

 

Pada reptil, penis tumbuh dari jaringan yang akan menjadi kaki belakang sehingga terbentuklah dua buah alat kelamin. Tapi pada mamalia dan burung, penis berasal dari jaringan yang akhirnya akan menjadi ekor.
Peneliti juga menemukan, pengembangan penis pada semua jenis hewan dikendalikan oleh kloaka – rongga akhir saluran pencernaan yang berfungsi sebagai pintu keluar pada tubuh.
Dalam perkembangannya, kloaka mengirim sinyal molekul yang merekrut jaringan di sekitarnya, lalu berubah menjadi penis. Tapi lokasi bervariasi pada berbagai jenis hewan, karena itu pembentukan penis pun berbeda-beda.
Untuk apa ilmuwan begitu repot mencari tahu masalah ini? Tak lain sebagai rangkaian penelusuran proses evolusi pada hewan. Seperti dijelaskan dalam proses evolusi, terjadi perubahan bentuk vertebrata yang pindah ke daratan dari laut. Transisi ini tentu juga memicu evolusi organ seks.
Di laut, hewan hanya melepaskan sperma dan telur ke dalam air untuk menghasilkan keturunan. Sementara, ketika evolusi terjadi dan menjadi hewan darat, perlu alat genital baru agar proses reproduksi dapat terjadi di dalam tubuh betina.
Namun tidak semua vertebrata mengembangkan pembentukan genital yang sama. Pada reptil misalnya, mereka mengembangkan dua buah penis, sementara mamalia dan burung hanya satu. Meski pada reptil hanya satu penis yang dipakai untuk proses reproduksi (penyalur sperma).
Mengapa perbedaan ini terjadi, masih jadi pertanyaan bagi ilmuwan. Seperti disebutkan di awal, para peneliti baru dapat menjelaskan asal pembentukan organ reproduksi yang bervariasi.

 

 

 

Sumber: Harian Nasional