Friday, September 22, 2017
Breaking News
Home » News » Workshop Peningkatan Mutu Pendidikan Pesantren Digelar Di Lamongan
Workshop Peningkatan Mutu Pendidikan Pesantren Digelar Di Lamongan
Pembukaan

Workshop Peningkatan Mutu Pendidikan Pesantren Digelar Di Lamongan

InfoLamongan. (PD. Pontren) — Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan keagamaan Islam berbasis masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan diniyah atau secara terpadu. Oleh karena itu, agar keberadannya tetap berkembang dan meningkat dengan baik, sudah sepatutnya para pengasuh pondok pesantren harus mampu mengelola atau memanaj secara profesional. Demikian butir-butir sambutan pengarahan Kakankemenag Lamongan, H. Leksono saat membuka secara resmi workshop peningkatan mutu pondok pesantren di Hotel Elresas Lamongan, Jum’at (28/11) sore selepas ashar.

“Dengan adanya bantuan pemerintah yang diberikan kepada lembaga pendidikan pesantren tentu mengharuskan kepada para pengasuh atau pengurus pondok pesantren untuk dapat memanaj dengan profesional, khususnya dalam hal administrasi harus benar-benar tertib. Dan juga menjadi tugas kami untuk mengevaluasi dan memonitoring keberadaan pondok pesantren, setiap enam bulan sekali,” ujarnya.

Ia juga menyinggung sedikit tentang tujuan pendidikan agama pada PP nomor 55 tahun 2007. Bahwa pendidikan agama bertujuan untuk berkembangnya kemampuan peserta didik dalam memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai agama yang menyerasikan penguasaannya dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Sedangkan pendidikan keagamaan bertujuan untuk membentuk peserta didik yang memahami dan mengamalkan nilai- nilai ajaran agamanya dan/atau menjadi ahli ilmu agama yang berwawasan luas, kritis, kreatif, inovatif, dan dinamis dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia.

Hal inilah yang melatar belakangi diselenggarakan workshop ini yang digelar selama 3 hari, dari tanggal 28 hingga 30 Nopember 2014. Menurut Ketua Panitia, Abdul Karim, M.Ag, workshop yang diikuti 40 pengasuh pondok pesantren, tiada lain untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama dan keagamaan, baik yang terkait dengan kurikulum, tata kelola, maupun pembinaan kelembagaan yang ada di pesantren. (Yit)

 

 

Sumber: Jatim.kemenag.go.id