Friday, September 22, 2017
Breaking News
Home » Komunitas » Petambak Lamongan Suplai Umpan Pancing Tuna ke Bali
Petambak Lamongan Suplai Umpan Pancing Tuna ke Bali

Petambak Lamongan Suplai Umpan Pancing Tuna ke Bali

Info Lamongan – Petambak Lamongan yang memilih menjual ikan bandeng semian dipakai umpan pancing ikan tuna. Bandeng semian adalah bandeng yang yang berumur sekitar 2 bulan atau panjangnya kisaran 12 Cm. (04/12).

Belakangan ini, banyak pengepul bandeng semian untuk dijual ke Bali, ikan bandeng semian itu akan dipakai umpan pancing ikan tuna. Harganya pun lumayan, perean di Lamongan bisa dilempar sampai Rp 2,5 juta perean. Satu rean jumlahnya 5.500 ekor.

Sementara di Lamongan, harga ikan semian dari petani atau saat masih ditambak, hanya pada kisaran Rp 1,5 jutaan perean, Ikan itu selanjutnya di tamping di tambak pengepul. Setelah jumlahnya banyak, baru dikirim ke Bali dalam keadaan hidup.

Ikan bandeng semian itu dibiarkan beberapa hari agar ukurannya bisa diterima di Bali. Untuk membawanya, ikan hidup itu dimasukkan ke tangki ukuran 5000 liter dengan dilengkapi oksigen. Karena jarak Lamongan-Bali cukup jauh, maka diperlukan sekitar 3 tabung besar oksigen.

Ikan tersebut diterima juragan yang ditampung lagi untuk dijual ke kapal nelayan besar yang mencari ikan tuna. “Ikan bandeng semian itu kalau dikirim ke Bali istilahnya sudah Balian. Harganya sudah berlipat-lipat,” kata Karyono, penjual bandeng semian yang sering membeli ikan dari petambak.

Ikan selanjutnya dibawa ke kapal untuk dipakai umpan ikan tuna. “Jika ada pemancing yang dapatnya banyak dan mudah, ya itu ikan tuna. Sebelum mincing, ada ikan hidup kecil-kecil yang dilempat ke tengah laut,” katanya.

Menariknya, kata Kaji Mat, pengusaha nener, anakan bandeng di Karangbinangun, selama ini nener Lamongan kebanyakan juga dari Bali. “Hampir semua nener Lamongan dari Bali. Setelah ditabur beberapa hari, dikembalikan ke Bali untuk umpan. Sebagian lagi dibesarkan petambak,” katanya. (Fah)

 

 

 

Sumber: panturajatim.com