Wednesday, September 20, 2017
Breaking News
Home » News » Awal Musim Hujan Nelayan dan Pengusaha Nganggur
Awal Musim Hujan Nelayan dan Pengusaha Nganggur

Awal Musim Hujan Nelayan dan Pengusaha Nganggur

Info Lamongan – Hampir empat hari ini cuaca di Lamongan sisi pantai utara tidak bersahabat. Hujan lebat dan angin kencang membuat para nelayan banyak menganggur. Mereka menyandarkan perahunya di Pelabuhan Perikanan Brondong-Lamongan, JawaTimur.(13/11/2014).

Sambil menunggu cuaca membaik, sebagian nelayan memperbaiki perahu dan memperbaiki alat tangkap berupa jarring ikan dan pancing. Selain itu, mereka juga mempersiapkan bekal, jika sewaktu-waktu cuaca membaik dan segera menuju ke tengah laut guna menangkap ikan. Hal yang sama juga dialami oleh para pengusaha pengolahan ikan, banyak dari mereka hanya duduk santai di gudang dengan beberapa pegawainya. Minimnya stock ikan di TPI Brondong membuat pengusaha tidak melakukan kegiatan produksi.

“Sudah empat hari ini pengerjaan di gudang kami sepi, ikan di TPI sedikit, sedangkan permintaan ikan dari perusahaan yang biasa kami kirimi banyak. “ujar M. Subkhan, salah seorang pengusaha pengelola ikan yang biasa kirim keluar kota di TPI Brondong, Sabtu (13/11/2014).

Cuaca buruk seperti ini biasanya akan berlangsung dua-tiga bulan. Nelayan Pantura merasakan pula dampak ekonomi, untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga, mereka terpaksa harus berhutang terlebih dahulu.”terpaksa harus berhutang dulu, lah wong kebutuhan jalan terus, anginya kencang” ujar Ahmad salah satu nelayan Brondong.

Para nelayan dan pengusaha ikan berharap agar angin kencang dan cuaca ekstrim seperti ini tidak berlangsung lama, sehingga mereka dapat kembali mencukupi kebutuhan ikan di Jawa.(Sien)

 

 

 

Sumber: Panturajatim.com