Friday, September 22, 2017
Breaking News
Home » News » Selamatkan 25.500 Ha Lahan Kritis
Selamatkan 25.500 Ha Lahan Kritis
PUNCAK WANGI - Bupati Fadeli dan anggota Forpimda serta jajaran pemerintahan dan SKPD melakukan tanam 1 Miliar pohon penghijauan di Desa Puncak Wangi, Selasa (16/12/2014).

Selamatkan 25.500 Ha Lahan Kritis

Info Lamongan – Pemkab Lamongan melakukan upaya nyata menyelamatkan lahan kritis yang jumlahnya mencapai 25.500 hektare dengan penghijauan di kawasan perbukitan di Desa Pucakwangi, Kecamatan Babat, Selasa (16/12/2014).

“Ini bukan berarti daerah ini rawan longsor, namun agar penghijauan yang dilakukan semakin menjaga keasrian kawasan ini dan ekosistem yang ada, “ ungkap Bupati Lamongan Fadeli.

Salah satu jenis tanaman yang ditanam adalah Bunga Kenanga karena menurut Fadeli asal muasal nama Desa Pucakwangi erat kaitannya dengan keharuman Bunga Kenanga. ”Ini ada sejarahnya. Makanya mengapa kita pilih tanam Bunga Kenanga,” katanya.

“Apa yang hari ini kita tanam, akan sangat bermanfaat bagi anak cucu kita, “ kata Fadeli dalam kegiatan yang melibatkan juga TNI Polri, pelajar, organisasi sosial dan kelompok tani tersebut.

Puncak aksi penanaman satu miliar pohon Indonesia dan perempuan tanam dan pelihara pohon juga menanam 1.962.377 batang pohon, diantaranya berupa tanaman jati, sengon, mahoni, tanjung, sawo kecik, srikaya jumbo, bunga kenanga, sukun dan pule.

Data Dinas Pertanian dan Kehutanan menyebutkan, dari 1.812,8 kilometer persegi luas wilayah Lamongan, 25.500 hektar diantaranya berupa lahan kritis. Karena itu kegiatan penanaman 2 juta pohon itu menjadi penting sebagi upaya memperluas tutupan lahan serta mencegah longsor dan banjir.

 

 

 

Sumber: Surya

Hanif Manshuri