Friday, September 22, 2017
Breaking News
Home » News » Dua Tanggul Bengawan Solo Jebol, Warga Lamongan Waspada
Dua Tanggul Bengawan Solo Jebol, Warga Lamongan Waspada
Ilustrasi Tanggul Jebol

Dua Tanggul Bengawan Solo Jebol, Warga Lamongan Waspada

info Lamongan – Warga di Dusun Melik Desa Canditunggal Kecamatan Kalitengah, Lamongan, dibuat was-was. Pasalnya tanggul Sungai Bengawan Solo yang berada di dekat desa longsor. Warga khawatir jika longsornya tanggul menjadi bencana karena sewaktu-waktu bisa jebol.

Salah seorang warga Dusun Melik, Samsuri kepada wartawan mengatakan, mereka khawatir tanggul tersebut akan jebol, apalagi air Bengawan Solo mulai naik.

Sementara Kabid Operasi dan Pemeliharaan Dinas PU Pengairan, Handoyono yang dikonfirmasi membenarkan longsornya tanggul negara tersebut. Menurutnya, tanggul Bengawan Solo longsor sepanjang 100 meter dengan lebar 1,5 meter.

Selain tanggul di Dusun Melik, jelas Handoyono, sejumlah tanggul Bengawan Solo juga longsor. Diantaranya tanggul Bengawan Solo di Desa Karangwungu Kecamatan Laren, tanggul Bengawan Solo di Laren longsor sepanjang 25 meter dengan lebar 1,5 meter.

Mendapat laporan ini, petugas kemudian melakukan pengecekan. Setelah itu, dinas melakukan koordinasi dengan pihak BPWS selaku penanggung jawab tanggul negara Sungai Bengawan Solo.

“Hasilnya pihak BPWS telah melihat dan mengeceknya,” jelas Handoyono, Rabu (17/12/2014).

Meski telah jebol, tutur Handoyono, kondisi 2 tanggul negara ini masih sangat aman. “Karena dua tanggul itu termasuk tanggul yang diberi tambahan
ketebalan. Dari semula 5 meter menjadi 10 meter,” pungkasnya.

 

 

 

Sumber: DetikNews.com

Eko Sujarwo