Sunday, October 22, 2017
Breaking News
Home » News » Tanggul Sungai Jebol, 3 Desa di Lamongan Terendam Banjir
Tanggul Sungai Jebol, 3 Desa di Lamongan Terendam Banjir
Salah dusun yang tergenang banjir. foto: Aris/Harian Bangsa

Tanggul Sungai Jebol, 3 Desa di Lamongan Terendam Banjir

Info Lamongan – Hujan deras yang mengguyur sebagian Kabupaten di Jawa Timur kamis malam mengakibatkan banjir disebagian wilayah. Di Lamongan, dua tanggul sungai masing-masing sungai Gedangan dan Sungai Plalangan Jebol, Jum’at dini hari (19/12/2014). Akibatnya Tiga dusun di dua kecamatan masing-masing Kecamatan Lamongan Kota dan Kecamatan Sukodadi terendam air setinggi lutut orang dewasa.

Dua dusun yang terendam air bah ini masing-masing Dusun Dorogede Desa Gedangan di Kecamatan Sukodadi dan Dusun rancang Desa Rancang Kencono Kecamatan Lamongan Kota. Datangnya air bah ini tentu saja mengagetkan sekitar 100 KK yang berada di Dusun Dorogede Desa Gedangan kecamatan Sukodadi dan Dusun Rancang Desa Rancangkencono Kecamatan Lamongan Kota.

Sementara itu jebolnya tanggul sungai juga terjadi di Tanggul Sungai Plalangan tepatnya di Desa Plosogeneng Kecamatan Turi, akibatnya sekitar 20 Ha tambak beserta isinya ludes disapu air.

Berdasarkan pantauan kami  menunjukkan jebolnya tanggul sungai Gedangan terjadi sekitar pukul 24.00 wib.

“Air tiba-tiba datang dan masuk kerumah dan saat itu tengah tertidur lelap karena mulai sore hingga malam diguyur hujan“ Ungkap Safari (35) warga Dusun Rancang Desa Rancang Kencono Kecamatan Lamongan Kota.

Peristiwa ini membuat warga panik untuk menyelamatkan harta maupun peraboatan yang masih mampu diselamatkan.

“Dari kabar yang beredar dimasyarakat banjir ini akibat jebolnya tanggul sungai gedangan yang memang dalam tiga hari terahir kondisinya sedang luber”, tambah Safari.

Hal senada juga diungkapkan Eko (45) warga Desa Plosogeneng, mengaku pasrah dengan bencana yang terjadi. “Mau apa lagi mas, tinggal iklas saja” Ujarnya. Dirinya tidak menyangka kalau tanggul sungai yang berpatasan langsung dengan tambak miliknya bakal jebol.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Lamongan, Suprapto membenarkan jebolnya tanggul sungai ini.

“Tanggul Sungai Gedangan sepanjang 20 meter mengakibatkan terendamnya dua dusun masing-masing Dusun Dorogede Desa Gedangan Kecamatan Sukodadi dan Dusun rancang Desa RancangKencono di Kecamatan Lamongan kota terendam” Ungkapnya.

“Tanggul Sungai Plalangan juga jebol sepanjang 12 meter“, ujarnya.

Untuk mengatasi banjir ini, BPBD bekoordinasi dengan camat dimasing-masing daerah yang terdampak bencana. Ditanya soal belum ditutupnya dua tanggul jebol, Suprapto mengaku pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa.

“Karena yang jebol ini sungai maka yang punya kewenangan Dinas PU Pengairan sedangkan BPBD hanya bisa menyalurkan bantuan karung plastik (glangsing) serta bahan makanan siap saji serta menyiapkan peralatan evakuasi” tandasnya.

 

 

 

Sumber: Bangsaonline.com

Aris