Friday, September 22, 2017
Breaking News
Home » Kesehatan » Menghalau Flu Tanpa Obat? Bisa Dong
Menghalau Flu Tanpa Obat? Bisa Dong
Minum teh hijau atau herbal saat terserang flu, selain dapat mencegah dehidrasi, bisa meringankan tenggorokan kering dan gatal sekaligus mendapat antioksidan (ACTIVEBEAT/pagespeed.ic)

Menghalau Flu Tanpa Obat? Bisa Dong

Saat musim hujan flu mudah menyerang. Demam, tenggorokan kering, hidung tersumbat, pilek dan batuk bisa sangat menyiksa. Minum obat sesuai dosis aturan mungkin salah satu cara cepat, tapi sebenarnya ada banyak metode alami tak kalah ampuh melawan flu–selama masih tergolong ringan dan moderat–dengan segera.

Berikut daftar yang disarankan seorang pakar, dokter Brunilda Nazario, MD, yang ikut memverifikasi akurasi situs kesehatan WebMD.com.

1. Banyak Minum. Flu bisa menyebabkan dehidrasi, terutama bila serangan disertai muntah dan diare. Jadi pastikan mendapat cukup cairan. Air bagus, begitu pula jus buah dan minuman elektrolit. Sebisa mungkin jauhi minuman dengan kafein karena zat satu ini diuretik alias mendorong cepat buang air kecil. Teh hijau dan herbal juga bisa jadi pilihan, selain menjaga cairan tubuh juga meringankan tenggorokan kering dan gatal, mereka pun kaya antioksidan bermanfaat. Bagaimana kita tahu cukup banyak minum? Cek urin. Bila berwarna kuning pucat, maka itu pertanda baik.

2. Makan Sop Ayam.
Selama bergenerasi orangta bahkan nenek buyut selalu menyajikan sup ayam kepada anak-anak mereka yang terserang flu dan demam. Tapi apakah mereka benar? Sebuah studi yang diterbitkan dalam journal Chest, menyebut sup ayam membantu memulihkan seseorang dari infeksi sistem pernafasan tubuh bagian atas, salah satunya adalah flu.

3. Jadilah ‘Putri Tidur’. Dengarkan tubuh. Jika dia memberi sinyal untuk tidak bergerak, maka jangan bergerak. Jika tubuh memberi tahu ingin menghabiskan waktu di atas kasur, maka lakukan. Jangan paksakan diri bahkan untuk kegiatan rutin rumah tangga, apalagi bila menderita flu berat. Istirahat bisa menjadi cara jitu memberi dukungan tubuh melawan infeksi dan memulihkan diri.

4.Tetap menyantap makanan sehat bergizi tinggi. Salah satu gejala flu adalah lidah terasa pahit membuat orang tak berselera. Jika menuruti selera dan ogah makan maka tubuh akan kekurang pasokan gizi untuk melawan infeksi virus flu. Paksa tetap menyantap makanan seimbang mengandung karbohidrat, serat dan protein meski dalam porsi kecil. Bila perlu masukkan asupan suplemen, vitamin dan makanan tambahan yang mendongkrak imun, seperti air rebusan jahe dengan jeruk nipis dan madu, setiap hari hingga tubuh membaik.

5. Berkumur dan meludah
. Coba berkumur dengan air garam. Cara ini bisa membantu menghilangkan mukus atau lendir yang terkumpul di belakang tenggorokan setelah tubuh lama berbaring.

6. Gunakan Kompres Hangat: Meletakkan kompres hangat pada kening bisa meringankan pusing dan nyeri akibat sinus karena flu.

7. Jaga aliran udara dalam rumah. Pastikan rumah atau kamar mendapat aliran udara segar untuk mencegah kelembaban. Virus dan kuman senang berada di tempat lembab dan gelap. Pasokan udara segar akan mempercepat proses pemulihan tubuh dari flu.

Pada dasarnya flu bisa disembuhkan tanpa meminum obat-obatan. Sebab, dalam waktu tujuh hari, virus flu akan mati dengan sendirinya di dalam tubuh. Bila Anda tahan gejalanya selama lima hari sampai tujuh hari, flu akan sembuh tanpa perlu obat

Saat terserang flu yang diperlukan adalah mengembalikan kondisi tubuh dengan banyak minum air putih, konsumsi makanan bergizi, banyak makan buah-buahan, terutama yang mengandung vitamin C, dan istirahat cu (ajg)

Reportase : WebMD
Sumber: Harian Nasional