Monday, December 11, 2017
Breaking News
Home » News » Banjir di Lamongan Rendam Lahan Pertanian
Banjir di Lamongan Rendam Lahan Pertanian
Siman, seorang petani di Lamongan terpaksa mencabut padinya (beritametro.co.id)

Banjir di Lamongan Rendam Lahan Pertanian

Info Lamongan – Akibat tingginya curah hujan akhir-akhir ini membuat sejumlah sungai meluber hingga tidak bisa menampung tingginya volume air. Selain itu, ratusan hektar tanaman padi di Lamongan terendam banjir, para petani terpaksa mencabut tanaman padi miliknya yang sudah membusuk akibat rusak.

Memang, hujan deras yang terjadi dalam sebulan terakhir ini di Lamongan mengakibatkan sejumlah sungai di Desa Padengan Ploso Kecamatan Pucuk tidak bisa menampung tingginya volume air. Akibatnya, puluhan hektar tanaman padi milik petani mengalami kerusakan parah.

Akibatnya, hasil panen petani terancam gagal. Sebagian besar padi yang baru berusia satu bulan menjadi rata akibat terendam luberan air dari sungai setempat. Bahkan, tidak sedikit sawah petani terendam banjir seperti milik Siman, seperti yang terlihat pada Rabu (25/2).

Bahkan, ia tidak bisa berbuat banyak dan pasrah tentang musibah yang dialaminya. Sebab, tanaman padi miliknya seluas satu hektar setengah ini terendam banjir bahkan akar padi juga mulai membusuk akibat lama terendam air. Sementara itu, akibat tidak bisa diharapkan hasil panennya, para petani ini terpaksa mencabut padi yang sudah membusuk akibat lama terendam air.

Para petani pun terancam merugi karena tanaman padi yang diharapkan bisa dipanen mati akibat banjir. Kondisi itu membuat petani berharap ke pemerintah untuk segera mengatasi banjir agar mereka dapat menanam padi seperti semula. (zen/nov). (sumber: beritametro.co.id)