Wednesday, September 20, 2017
Breaking News
Home » News » 27 Guru di Lamongan Jadi Terdakwa Kasus Kebocoran Soal UNAS
27 Guru di Lamongan Jadi Terdakwa Kasus Kebocoran Soal UNAS
Ilustrasi bocornya soal UNAS

27 Guru di Lamongan Jadi Terdakwa Kasus Kebocoran Soal UNAS

Info Lamongan – Sidang kebocoran soal Unas SMU massal pada 2014 yang melibatkan 78 guru dan kepala sekolah di Lamongan, akhirnya masuk tahapan vonis di Pengadilan Negeri (PN) setempat. Namun kasus yang sempat menghebohkan dunia pendidikan nasional, hanya menghukum 27 terdakwa dengan rata-rata vonis tak lebih dari 1 tahun.
Dalam persidangan yang berlangsung Kamis (9/4) sore, Hakim Ketua Sefwinson, memutuskan vonis berbeda untuk 27 terdakwa. Masing-masing vonis 5 bulan dengan masa percobaan 8 bulan untuk 18 terdakwa, vonis 9 bulan penjara dengan  8 bulan masa percobaan untuk enam terdakwa dan vonis 9 bulan dengan masa percobaan 18 bulan untuk 3 terdakwa.
Humas PN Lamongan, Raja Mahmud mengatakan, putusan itu membuat para terdakwa tidak perlu menjalani hkuman penjara. “Kecuali di kemudian hari terdapat putusan hakim yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap,” ujarnya kemarin.
Ada yang menarik usai persidangan yang dijaga ketat tersebut. Puluhan terdakwa kompak tidak memberikan keterangan kepada media. Mereka dengan menutup muka karena malu, berlarian keluar meninggalkan gedung PN. (sumber: beritametro.co.id (han/zen/epe))