Friday, September 22, 2017
Breaking News
Home » Komunitas » Ngabuburit Unik ala Ponpes Uniq Tombo Ati
Ngabuburit Unik ala Ponpes Uniq Tombo Ati
penari topeng diiringi lantunan syair dan musik PonPes Uniq Tombo Ati, menghibur warga di alun-alun (beritametro.co.id)

Ngabuburit Unik ala Ponpes Uniq Tombo Ati

Info Lamongan – Warga Lamongan disuguhi tontotan menghibur ketika menunggu waktu berbuka puasa (ngabuburit, red) di alun-alun. Rombongan mahasiswa dari Pondok Pesantren (Ponpes) Uniq Tombo Ati Sunan Ampel Surabaya berdakwah dengan cara suguhan kesenian tradisional, Senin (22/6).

Ketua Pelaksana Ustaz Imron Hamzah mengatakan, rombongan dakwah dari kampus ini merupakan terobosan baru dalam melakukan syiar Islam di Kota Santri. Dipimpin Romo Kyai Haji Muhammad Abdul Ghufron selaku pengasuh ponpes, santri-santri menyuguhkan kesenian tradisional yang mulai tergerus kemajuan zaman.

“Dalam bulan puasa tahun ini memang tema yang diangkat oleh Romo Kyai Haji Muhammad Abdul Ghufron adalah mengangkat kembali dakwah melalui kesenian budaya yang hilang. Tahun-tahun sebelumnya kan selalu diisi dengan pesantren kilat,” jelasnya.
 PonPes yang pernah singgah di Lamongan, tepatnya di Desa Sugihwaras Kec. Deket Kab. Lamongan ini mengadakan tour Dakwah di beberapa Kota, “Tak hanya Lamongan, dakwah seni ini juga akan menghampiri beberapa kota di Jatim. Selain untuk menghibur warga, aksi seni yang ditampilkan juga sebagai materi pembuatan audio visual album ketiga Ponpes Uniq  Tombo Ati Sunan Ampel Surabaya”. “Sebelum di Lamongan, kita sudah tampil di Madura dan Surabaya. Selanjutnya kita akan tampil di Mojokerto,” terang Imron Hamzah.
Warga Lamongan yang kebetulan bersantai di alun-alun, menyambut antusias hiburan gratis tersebut. Seperti yang dikatakan Idi Putu Wiryo. Warga Kecamatan Kota tersebut sangat mendukung jika kegiatan seperti ini rutin digelar di ruang publik. Selain menghibur juga jadi sarana memperdalam ilmu agama. “Kegiatan seperti ini harus sering dilakukan untuk menghibur warga yang sedang menjalankan ibadah puasa,” tuturnya. (nun/han/zen/epe) (sumber: beritametro.co.id)