Friday, September 22, 2017
Breaking News
Home » News » Gedung Garuda Lamongan Diperiksa Diam-diam oleh BPKP
Gedung Garuda Lamongan Diperiksa Diam-diam oleh BPKP

Gedung Garuda Lamongan Diperiksa Diam-diam oleh BPKP

Info Lamongan – Diam-diam tim auditor dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Surabaya, turun lapangan untuk menindaklanjuti dugaan penyimpangan pada pembangunan Gedung Garuda di Kecamatan Babat Lamongan. Senin (29/6) bahkan jadi hari terakhir setelah ada informasi yang menyebutkan sudah datang sejak 4 hari sebelumnya.

Auditor BPKP ini melakukan klarifikasi kepada sejumlah pihak. Selain ketempat kejadian perkara (TKP), sejumlah tim audit penghitungan kerugian keuangan negara (PKKN) juga meminta keterangan dari sejumlah saksi dan ahli.

Tim audit juga meminta keterangan perencanaan dan pelaksanaan proyek. Termasuk dinas yang memiliki pekerjaan serta penyedia barang. Sedangkan penyidik Polres Lamongan telah menghadirkan 18 saksi. “Kita sudah menyerahkan catatan dan data dari hasil penyelidikan untuk diklarifikasi kebenaranya,” ungkap Paur Subbag Humas Polres Lamongan Ipda Raksan, Senin (29/6).

Penyidikan dugaan korupsi pembangunan Gedung Garuda Babat memang masih menyisakan audit BPKP. Dari pengusutan perkara ini bermula saat gedung geruda babat tiba-tiba ambruk tanpa sebab. Namun Renovasi ini diduga adanya sejumlah titik yang tidak dikerjakan. Serta, adanya dugaan pemakaian bahan bangunan yang tidak sesuai standar teknis bangunan.

Selain itu, penyidik menilai pemasangan antara bangunan baru dan lama tidak ada perekatan secara komprehensif. Semestinya dipasang dengan batako, tapi diganti batu kumbung. “Perbaikan Gedung Garuda Babat yang dikerjakan oleh rekanan CV Jatayu Paksi ini ambruk pada akhir November 2014 lalu,” tandas Raksan.

Gedung Garuda rencananya akan difungsikan sebagai gedung olahraga. Dugaan ada penyimpangan pertama kali dilaporkan oleh LPPK (Lembaga Persatuan Pemburu Koruptor) Lamongan akhir tahun lalu, setelah bangunan baru roboh dan hanya menyisakan bangunan lama. (nun/han/zen/epe)