Wednesday, September 20, 2017
Breaking News
Home » News » Harga Jagung Merangkak Naik, Setelah Panen Raya
Harga Jagung Merangkak Naik, Setelah Panen Raya
Ilustrasi Panen Jagung (gagasanriau.com)

Harga Jagung Merangkak Naik, Setelah Panen Raya

Seiring dengan berakhirnya panen raya jagung yang berlangsung beberapa minggu yang lalu, kini harga jagung di beberapa daerah di Jawa Timur mulai merangkak naik, tak terkecuali di Lamongan.
Ispandoyo (40) petani asal paciran, mengatakan,harga jual jagung dari petani saat panen raya jagung kering giling berkisar antara Rp.2.400 hingga Rp.2.600 perkilogram, lebih murah daripada harga jagung saat ini.
“pas panen kemarin murah mas, sekitar Rp2.400, kalau sekarang ya sudah mulai naik,” terangnya.
Pernyataan Ispandoyo dibenarkan oleh Fadholi, bagian Sarana Prasarana Penyuluhan Dinas Pertanian Lamongan, namun saat ini harga jagung mulai merangkak naik rata-rata Rp.2.800 perkilo. Akan tetapi harga tersebut masih harus disesuaikan dengan kualitas jagung, jika kualitasnya kurang baik maka harganya bisa kurang dari harga tersebut.
“harganya ya bervariasi , tergantung kualitas barangnya, tapi untuk saat ini rata-rata 28 (Rp.2.800) perkilo,”terang Fadholi kepada infolamongan, Senin (29/6).
Ia menambahkan, kenaikan harga jagung disebabkan saat ini masa panen jagung sudah mulai berkurang, sehingga harga jagung secara otomatis merangkak naik. Berbeda ketika panen raya berlangsung, harga jagung tentu lebih murah.
“ panen jagung kan sudah mulai berkurang, menurut istilah ekonomi kan jika stok tidak begitu banyak kan otomatis harganya akan naik, kan gitu,” ujarnya.
Namun pihaknya memastikan bahwa datangnya bulan Ramadhan maupun hari raya Idul Fitri tidak akan berpengaruh terhadap harga jagung. Naik turunnya harga komoditi jagung lebih ditentukan oleh factor alam, ketika musim tanam jagung jumlah jagung melimpah namun ketika musim jagung berlalu jagung mulai langkah dan harga jagung akan semakin naik.
“Ini kan mendekati hari raya, itu nggak ada pengaruhnya kalau untuk harga jagung,” pungkasnya. (ek/ahaas)