Friday, September 22, 2017
Breaking News
Home » News » Musim Kemarau Petani Kacang Hijau Raup Untung
Musim Kemarau Petani Kacang Hijau Raup Untung

Musim Kemarau Petani Kacang Hijau Raup Untung

Info Lamongan – Musim kemarau tidak selalu identik dengan kesusahan bagi petani. Di beberapa Desa yang ada di Kecamatan Pucuk seperti Gempolpading dan Desa Wanar saat ini sedang panen Kacang Hijau dengan harga jual yang sedang naik. Hal ini merupakan berkah tersendiri bagi masrakat desa Gempolpading dan sekitarnya sebab panen kacang kali ini hasilnya juga sangat baik.

Dewi Purwati, petani asal Desa Gempolpading menuturkan harga jual kacang hijau di tingkat pengepul saat ini mencapai Rp 13.000 ribu perkilogram. Naik dari harga panen minggu lalu yang sebesar Rp 12.500

Ditambahkan olehnya, petani di desanya rutin menanam kacang hijau di saat musim kemarau tiba. Karena komoditi tersebut sangat tahan terhadap cuaca, tahan kekurangan air namun perlu waspada terhadap serangan hama.

Lahan pertanian kacang hijau di desanya hanya sekali menerima pengairan dari irigasi teknis saat awal tanam lalu. Setelah itu air dari Waduk Gempolpading sudah habis. Dan cukup hanya sekali itu pula kacang hijaunya disirami, selebihnya dilakukan perawatan dengan penyemprotan pupuk daun.

“Sebenarnya hasilnya akan lebih bagus lagi kalau ada hujan sekali. Tapi hasil ini patut disyukuri. Terlebih kami menerima bantuan benih dan pupuk serta obat-obatan dari pemerintah melalui kelompok tani yang dikoordinir oleh Pak Kohar sebagai ketua Kelompok Tani Desa Gempolpading“ ujarnya.

Petani di desa itu juga memanfaatkan sedikit lahan untuk tumpang sari dengan tanaman jagung namun untuk kali ini hasil panen jagung tidak begitu menggembirakan.

Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Lamongan Aris Setiadi menyatakan Kecamatan Pucuk termasuk produsen kacang hijau terbesar di Lamongan. Realisasi luas tanam mencapai 796 ha dengan 19 ha diantaranya sudah dipanen. Sampai saat ini produksi di Pucuk mencapai 25 ton dengan produktifitas mencapai 13,33 kuwintal per hektare. (Nerra)