Friday, September 22, 2017
Breaking News
Home » News » Kebakaran di Lamongan, Ludeskan Rumah dan Puluhan Ternak
Kebakaran di Lamongan, Ludeskan Rumah dan Puluhan Ternak
Lokasi kejadian kebakaran yang meludeskan harta dan ternak Sapi. Api diduga bekas pembakaran kotoran ternak.

Kebakaran di Lamongan, Ludeskan Rumah dan Puluhan Ternak

Info Lamongan – Musibah kebakaran terjadi di Dusun Ngaglik Desa Sidomulyo Kecamatan Mantup Lamongan. Akibat amukan si jago merah, rumah dan harta berikut hewan ternaknya lenyap terbakar. Sebagai pemiliknya, diketahui bernama Sali (63).
Akibatnya, pria paruh umur ini bersedih. Hampir seluruh hewan ternak beserta harta bendanya hangus terbakar setelah kandang yang menyatu dengan rumahnya terbakar di kejadian Rabu (23/9).
Menurut keterangan Choirul Anam (50), seorang saksi saat itu api berawal dari kandang yang terletak di belakang rumah korban. Di dalam kandang tersebut banyak tumpukan jerami dan kayu bakar sehingga api dengan cepat membesar apalagi saat itu angin sedang berhembus kencang.

“Api berasal dari kandang dan membesar dengan sangat cepat,” tutur Choirul Anam usai memadamkan api di TKP.
Melihat asap tebal berasal dari rumah Sali, warga setempat bergegas melakukan upaya pemadaman. Dengan memakai alat seadanya, warga lebih mengutamakan untuk mencegah agar api tak merembet ke rumah utama,karena kondisi kandang sudah tidak bisa diselamatkan lagi.
Kobaran api yang begitu besar membuat warga sempat kewalahan, apalagi alat yang digunakan terbatas. Namun usaha keras warga tak sia-sia hingga berhasil melokalisir api. Tak lama kemudian dua unit mobil Pemadam Kebakaran (damkar) yang datang hingga melakukan pemadaman dengan menghabiskan 4 tangki air. Penyebab kebakaran tersebut belum dapat diketahui secara pasti.
Menurut Choirul Anam, kemungkinan besar kebakaran tersebut disebabkan bekas pembakaran kotoran ternak (bediang) yang terletak di samping kandang. Beberapa warga lain juga mengatakan hal yang sama ketika ditanya terkait penyebab kebararan tersebut.
“Secara pastinya masih belum tahu tapi mungkin dari bediang yang baranya tertiup angin sehingga membakar jerami dan akhirnya membesar,” bebernya.

Akibat kejadian ini, sebanyak puluhan karung gabah, satu ekor sapi dan 20 ekor kambing yang sebagian adalah milik tetangga yang dititipkan di kandang milik korban tersebut ikut terpanggang hanya seekor sapi yang dapat diselamatkan meski dalam kondisi menderita luka bakar yang cukup parah. Kerugian secara keseluruhan ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.
Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu namun anak Sali bernama Mashudi (34), mengalami luka bakar cukup serius di bagian punggung dan lengan sebelah kanan dan langsung dilarikan ke Puskesmas Mantup. (nun/han/nov) (sumber: beritametro.co.id)