Wednesday, November 22, 2017
Breaking News
Home » News » Ratusan Massa Banom NU Segel Dua Kantor Cabang NU, Ketua PAC NU: Demo itu Salah Alamat
Ratusan Massa Banom NU Segel Dua Kantor Cabang NU, Ketua PAC NU: Demo itu Salah Alamat
Demo Penyegelan kantor PC NU Lamongan (beritametro.co.id)

Ratusan Massa Banom NU Segel Dua Kantor Cabang NU, Ketua PAC NU: Demo itu Salah Alamat

InfoLamongan – Munculnya dua kepengurusan Pimpinan Cabang (PC) Nahdlatul Ulama Lamongan memicu kemarahan underbow NU, Cabang Ansor.

Kemarahan ratusan anggota Ansor itu diwujudkan dalam bentuk demo dan menyegel dua Kantor PC NU di Jl Kiai Amin dan di Bulutrate Desa Bulutrate Kecamatan Babat, Selasa (22/3/2016).

Massa bergeak dengan menumpang empat kendaraan roda empat dan ratusan motor bergerak dari komplek Masjid Walisongo menuju Kantor PC NU di Jl Kiai Amin Kecamatan Lamongan Kota. Gerakan dipimpin Ketua PC Ansor Mashur sempat berhenti di jalur Kiai Amin, komplek Kantor PC NU.

Ketua PC Mashur bersama ratusan anggota sebelum memasang sejumpah kain rentang sebagai tanda penyegekan Kantor PC NU. Sejumlah tuntutan yang tertuang dalam lembaran kertas dibacakan, diantaranya menolak adanya dua cabang NU diLamongan, meminta kepada PW NU Jatim dan PB NU mengambil langkah konkret guna menyatukan kembali PCU NU Lamongan.

Selain massa meminta para ulama, masayikh, dan pengasuh pondok pesantren agar melakukan ikhtiar menyatukan kembali NU Lamongan.

Aksi massa Ansor diikuti sejumlah banom NU, di antara PCI PMII, Pagar Nusa, PC IPPNU, serta dukungan melalui tandatangan Fatayat NU. Usai membacakan sejumlah tuntutannya, massa Ansor memasang kain rentang yang dipakai untuk menyegel kantor PC NU Lamongan, pimpinan Bi’in Abdussalam.

Massa bahkan sudah mempersiapkan rantai besi dan gembok baru untuk mengunci pintu pagar utama kantor.

“Kami ini NU Lamongan menjadi satu, tidak ada perpecahan sampai muncul dua Cabang NU di Lamongan,” tegas Mashur.

Sesaat setalah melakukan aksi di depan Kantor PC NU Lamongan, massa dengan segala piranti demo, massa bergeser menuju ke PC NU Babat yang dinilai sebagai biang munculnya dua Cabang NU di Lamongan. Di tempat ini, massa melakukan hal serupa di Kantor PC NULamongan, yakni menyegel kantor.

Lima bener bertuliskan nada sindiran dan juga penyegelan dipasang di depan kantor dan dipasang di pagar.

Menurut massa Ansor aksi penyegelan ini sebagai bentuk akumulasi keprihatinan Ansor yang tengah mengalami kesulitan melakukan pengkaderan di tingkat bawah sejak adanya dua Cabang NU Lamongan.

“Paling konkret adalah, terwujud Cabang NU Lamongan hanya ada satu,”tegas Mashuri.

Ketua PC NU Lamongan Bi’in saat di konfirmasi Selasa (22/3/2016) terkait aksi massa Ansor yang menyegel kantor Cabang NU, baik di Lamongan maupun di Babat, dianggapnya bukan suatu kesalahan.

“Ini puncak kekesalan , karena program Ansor di tingkat bawah terhalang. Yang menghalangi ya PC NU Babat dengan Ketua PC NU-nya Sisyanto dan Rois Syuriahnya, KH Muchit Fatah,”katanya.

Bi’in menambahkan, aksi Ansor ke Kantor PC NU Lamongan dan PC NU Babat dinilai salah alamat.

Mestinya, demonya ke DPW atau DPP NU, sebab di dua pimpinan tingkat wilayah dan pusat ini yang memicu munculnya SK untuk PC NU Babat.

”Pendemo salah alamat, mestinya ke DPW dan PB NU,”tandasnya. (sumber: surya.co.id)